Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 1
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 1 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 3
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4
Sikap baik
apa lagi yang bisa kita lakukan untuk tumbuhan di sekitar kita?
Selain
menggunakan dengan tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kita rawat. Tanaman
yang kita rawat menjadi subur. Ketika tanaman subur kita akan mendapatkan
manfaat yang lebih baik dari tanaman. Lani juga senang merawat tanaman.
Ayo Membaca
Lani dan
adiknya
Lani
Mempunyai tanaman yang ditanamnya di rumah. Setiap pagi dan sore hari, Lani
selalu menyiram tanamannya. Selain menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu
sekali. Tanaman Lani tumbuh dengan subur.
Adik Lani
juga mempunyai tanaman yang ditanam di rumah. Seringkali, ia lupa untuk
menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk. Lani sudah sering
mengingatkan adiknya. Namun, Adik Lani selalu lupa. Ia lebih senang menonton TV
dan bermain. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 25
Diskusikan
dengan kelompokmu.
1. Apa yang dilakukan Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Jawab
Lani menyiram tanamannya setiap pagi dan sore serta memberi pupuk seminggu sekali
2. Apa yang dilakukan adik Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Jawab
Adik Lani sering lupa untuk menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk.
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap tanaman? Lani atau adiknya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Lani lebih bijak terhadap tanaman, karena Lani memperlakukan tanaman dengan baik yaitu merawat tanaman, menyiram, memupuk.
4. Ketika adik Lani tidak menyiram tanamannya, siapa saja yang dia rugikan?Jelaskan alasanmu.
Jawab
Ketika tanaman tidak disiram maka yang dirugikan adalah kita sendiri karena tanaman yang tidak disiram akan layu dan lama kelamaan akan mati. Jika tanaman mati maka halaman rumah menjadi segar, kurang cantik .
5. Ketika adik Lani lupa menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Belum, karena kewajiban kita terhadap tanaman adalah merawatnya dengan baik seperti menyiram tanaman, memberikan pupuk, menjaga dari gangguan serangga, membersihkan gulma pengganggu.
6. Ketika Lani menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibanya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Sudah, Dengan menyiram tanaman sudah termasuk sikap peduli terhadap tanaman. Karena tanaman harus dirawat dengan baik agar tumbuh subur.
7. Mengapa memperoleh hak untuk mendapatkan tanaman subur itu penting?
Jawab
Karena setiap orang berhak untuk mendapatkan yang terbaik, termasuk mendapatkan tanaman yang terbaik yaitu tanaman yang subur.
8. Mengapa melakukan kewajiban untuk merawat tanaman itu penting?
Jawab
Melakukan kewajiban merawat tanaman sangat penting karena dengan tanaman kita rawat maka tanaman dapat tumbuh dengan subur dan bisa memperindah halaman dan menyehatkan lingkungan
Tanaman perlu kita rawat agar terus bisa tumbuh. Oksigen yang diberikan oleh tanaman membantu kita untuk bernafas. Jika semua orang seperti adik Lani, bayangkan apa yang terjadi dengan semua tanaman
Jawab
Jika semua orang seperti adik Lani yang tidak perduli dengan tanaman maka tanaman akan banyak yang layu dan mati. Jika tanaman banyak yang mati maka supali oksigen dipermukaan bumi lama kelamaan akan berkurang sehingga bumi menjadi panas dan tersemar udaranya.
Apakah kamu sudah merawat tanamanmu dengan baik? Mengapa kita harus merawatnya?
Jawab
Kita harus merawat tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur sehingga tanaman dapat optimal dalam memproduksi Oksigen yang mengakibatkan udara di bumi menjadi sejuk dan tidak tercemar
Perhatikan
gambar berikut
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 26
Berdasarkan gambar di atas diskusikan.
Pertanyaan |
Gambar A |
Gambar B |
Gambar C |
Apa yang dilakukan |
Menyiram tanaman |
Membakar hutan |
Merawat Tanaman |
Apakah tindakan |
Tindakan terebut baik terhadap tanaman kita wajib merawatnya |
Tidak baik, kita tidak boleh membakar hutan |
Baik, tanaman harus kita rawat |
Dampak bagi |
Tanaman menjadi subur dan lingkungan menjadi segar dan sehat |
Hutan menjadi gundul dan dapat mengakibatkan bencana |
Tanaman tumbuh dengan baik |
Dampak bagi orang |
Dengan lingkungan yang sehat kesehatan warga juga terjaga |
Kebakaran hutan akan merugikan orang lain |
Lingkungan menjadi sehat dan penghuninya juga sehat |
Apakah perbuatan |
Tidak, dengan menyiram tanaman kita tidak melanggar hak orang lain |
Ya, karena setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang sehat |
Tidak, justru apabila lingkungan hijau masyarakat menjadi sehat |
Apakah orang |
Sudah, tanaman harus kita rawat |
Belum, karena tanaman seharusnya dirswat bukan dirusak |
Sudah, tanaman harus kita pelihara |
Apakah yang |
Tanaman harus kita rawat agar dapat tumbuh dengan baik |
Hutan harus kita jaga kelestariannya agar bermanfaat bagi manusia |
Tanaman harus kita pelihara agar dapat berkembang dengan baik |
Buatlah jadwal merawat tanaman yang sudah kamu tanam. Disiplinlah dalam melakukannya.
Hari |
Kegiatan di pagi hari |
Kegiatan di sore hari |
Senin |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan membuang daun-daun yang kering |
Selasa |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan memberi pupuk bagi tanaman yang sudah harus dipupuk |
Rabu |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan membersihkan gulma yang ada di sekitar tanaman |
Kamis |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan membersihkan hama tanaman seperti ulat dan serangga |
Jumat |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman |
Sabtu |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman |
Minggu |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan mengganti media tanam yang sudah lama digunakan |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 27
Ayo Mengamati
Beberapa
pecahan mudah untuk diingat. Pecahan- pecahan tersebut bisa membantu kita untuk
mempermudah melakukan operasi. Pecahan- pecahan tersebut juga mudah untuk
digambarkan.
Diskusikan
dengan temanmu.
Taksirlah
nilai pecahan 3/8, 1/10, 15/16. Letakkan bilangan-bilangan tersebut pada garis
bilangan. Amati nilai yang paling dekat apakah 0, 1/2 atau 1?
Jawab
3/8 lebih dekat dengan 1/2
1/10 lebih dekat dengan 0
15/16 lebih dekat dengan 1
Apa yang bisa kamu simpulkan untuk melakukan penaksiran pecahan.
Jawab
Untuk melakukan penaksiran pecahan dapat dilakukan dengan memasukkan pecahan kedalam garis bilangan
Jika pembilang mendekati setengah dari penyebut. Tunjukkan pecahan 3/8 dengan garis bilangan
Jawab
Perhatikan pecahan 1/2
Pecahan 1/2 = 4/8
Jadi pecahan 3/8 mendekati 4/8 atau ½
2. Jika pembilang, terlalu jauh kurangnya dari setengah penyebut.
Tunjukkan 1/10 dengan garis bilangan
Jawab
Perhatikan pecahan 1/2
Pecahan
1/2 = 5/10
Jadi
pecahan 1/10 mendekati 0
3. Jika
pembilang, terlalu jauh lebihnya dari setengah penyebut.
Tunjukkan pecahan 14/16 dalam garis bilangan
Jawab
Perhatikan pecahan 1/2.
Pecahan
1/2 = 8/16
Jadi
pecahan 15/16 mendekati 1
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 28
Latihan
Taksirlah
nilai yang mendekati pecahan 2/6, 4/16, 7/12, 6/16, 2/15
Buktikan
hasilnya dengan garis bilangan.
Jawab
Pecahan 2/6 lebih mendekati 0
Pecahan 4/16 lebih mendekati 1/2
Pecahan 7/12 lebih mendekati 1/2
Pecahan 6/16 lebih mendekati 1/2
Pecahan 2/15 lebih mendekati 0
Mudahkan menaksir nilai
pecahan? Lalu bagaimana dengan persen?
Bilangan
Persen Acuan
Beberapa persen mudah untuk diingat. Bilangan-bilangan tersebut juga mudah untuk dioperasikan. Bilangan-bilangan persen berikut bisa kita jadikan acuan ketika kita membulatkan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29
Siti melakukan survey untuk mengetahui seberapa rajin teman-temannya menyiram tanaman. Berikut data yang Siti dapatkan.
Hari |
Banyaknya |
Hasil taksiran |
Selalu |
11% |
10% |
Sering |
37% |
40% |
Kadang-kadang |
23% |
20% |
Jarang |
29% |
30% |
Ayo Berdiskusi
Lihat kembali pertanyaanmu. Kamu akan memilih dan mengelompokkan pertanyaanmu berdasarkan kriteria berikut